2 Fakta Mengerikan Tentang Misteri Poveglia

Beranda » Misteri » 2 Fakta Mengerikan Tentang Misteri Poveglia
Fakta Mengerikan Tentang Misteri Poveglia

Poveglia adalah potret kesuraman masa lampau yang pernah dilalui Venesia Italia. Difungsikan oleh Pemerintah Venesia tahun 1300an, pulau ini menyimpan cerita mengerikan, bahkan sampai saat ini sisa-sisa masa lalu masih jelas. Makanya banyak orang mencoba mengupas misteri Poveglia di masa lampau, yang membuatnya terkenal sebagai pulau paling berhantu di dunia.

Sebelum dibenahi oleh Venesia, konon kabarnya pulau tersebut ditemukan tahun 421 masehi di akhir masa kaisar Romawi. Kabarnya masyarakat Kota Padua dan Este mengungsi ke pulau kecil tersebut untuk menghindari penjajah. Bahkan katanya dulu pulau tersebut sempat dijadikan tempat tinggal yang sangat damai bagi pengungsi, hingga akhirnya jadi tempat pengungsian.

Cerita Dibalik Misteri Poveglia

Ada tiga cerita yang membuat spekulasi, bahwa Poveglia island menjadi tempat paling mengerikan. Masing-masing cerita punya beberapa fakta yang tak terbantahkan, Anda juga pasti dibuat merinding saat mendengarnya.

1. Pembuangan Korban Wabah Black Death

Pembuangan Korban Wabah Black Death

Kabarnya di tahun 1793 Venesia mengalami wabah pes atau disebut black death, dimulai dari penemuan korban di kapal yang sedang berlayar. Kemudian penyebaran semakin luas di berbagai penjuru kota, dan membuat pemerintah kewalahan. Alhasil di pindahkanlah pasien Poveglia sebagai salah satu langkah karantina.

Bahkan katanya warga yang mengalami gejala sekecil apapun langsung dibuang ke pulau tersebut, lalu dibiarkan mati tanpa perawatan maksimal. Tercatat sekitar 160 ribu jiwa melayang di pulau tersebut tanpa penguburan yang layak, jadi sampai saat ini masih bisa terlihat sisa tulang belulang manusia sebagai bagian misteri Pulau Poveglia di berbagai sudut pulau.

Jika dikalkulasikan setengah bagian pulau menjadi tempat tulang manusia berserakan. sungguh tak terbayang bagaimana nasib para korban wabah meregang nyawa, dan akhirnya meninggal dan menjadi hantu yang gentayangan.

2. Rumah Sakit Jiwa dan Penyiksaan

Rumah Sakit Jiwa dan Penyiksaan

Jauh setelah Poveglia dijadikan lokasi karantina alami berujung kematian penderita black death, pulau tersebut kembali dijadikan tempat isolasi. Kali ini di tahun 1922 pembangunan kembali Poveglia dilakukan terutama beberapa bangunan untuk pasien rumah sakit jiwa.

Awalnya semua berjalan baik, hingga tersiar kabar bahwa dokter yang bertugas di sana melakukan praktek mengerikan. Bahkan katanya pasien banyak yang disiksa hingga dibunuh dengan cara dibantai, ada yang bilang tujuannya untuk mengenali anatomi tubuh manusia hingga praktek lobotomi namun tak ada fakta tepat tentang hal itu.

Akhir kisah dokter brutal di Poveglia dikatakan ada yang melompat dari menara lonceng, dan meninggal. Tapi ada pula yang mengatakan sang dokter sempat selamat dari upaya bunuh diri tersebut, namun nyawanya benar-benar melayang akibat dicekik kabut tebal yang berasal dari dalam tanah. Setelah itu Poveglia kembali ditinggalkan sejak 1968 dan jadi pulau tanpa penghuni.

Cerita Mistis Yang Dialami Pendatang

Cerita Mistis Yang Dialami Pendatang

Banyak orang yang awalnya penasaran dengan masa kisah pulau Poveglia dan menjadikannya tujuan wisata berhantu. Alhasil tak sedikit yang mengalami kejadian mengerikan selama berada disana. Mulai dari satu keluarga dengan seorang anak perempuan dan beberapa anak lainnya yang datang berlibur ke sana.

Mereka mengalami kejadian tidak biasa yang tak mau diungkap ke publik, namun banyak yang mengatakan bahwa liburan mereka selesai lebih cepat. Penyebabnya adalah karena anak gadis mereka mengalami luka robek di wajah dan harus menerima belasan jahitan.

Kemudian ada pria yang melarikan diri dari pulau ketika ingin mengeksplorasi pulau tersebut. Kabarnya dia mendengar suara pengusiran dari “penghuni” pulau tersebut. Sama halnya dengan pembawa acara sebuah serial ghost adventure yang sempat kerasukan hantu ketika melakukan kegiatan di sebuah bangunan rumah sakit jiwa.

Belum lagi nelayan dari pulau sekitar yang mendengar teriakan dari pulau tersebut, hingga akhirnya membuat mereka tak lagi mencari ikan di sekitar Pulau Poveglia. Apalagi saat menjaring ikan mereka sempat menemukan bagian tubuh manusia yang diperkirakan berasal dari korban penyiksaan di Poveglia.

Saat ini misteri Poveglia masih menjadi salah satu hal yang membuat banyak orang penasaran, bahkan setelah pulau tersebut disewa selama 99 tahun oleh Luigi Brugnaro. Kalau Anda juga penasaran, tak ada salahnya untuk mengeksplorasinya saat liburan tiba untuk merasakan langsung pemandangan masa lalunya yang menyeramkan, dan sensasi makhluk astral yang sangat aktif!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar