Misteri Raynham Hall, Hantu Dorothy Yang Melegenda

Beranda » Misteri » Misteri Raynham Hall, Hantu Dorothy Yang Melegenda
Misteri Raynham Hall

Selain dikenal dengan sistem pemerintahan kerajaannya yang masih sangat kental, Inggris ternyata menyimpan banyak cerita misteri di balik bangunan-bangunan megahnya yang berusia ratusan tahun. Misteri Raynham Hall adalah salah satu yang paling terkenal, karena punya cerita hantu yang sering menampakkan diri hingga saat ini.

Raynham Hall terletak di Norfolk, dibangun tahun 1619 rumah milik keluarga Townshend ini sudah menjadi rumah yang dihuni selama 400 tahun. Dengan arsitektur gaya Italia, bangunan di atas lahan perkebunan dengan luas 7000 hektar ini disebut berhantu terutama pada bagian aula, dimana hantu wanita berbaju coklat jadi tokoh utamanya.

Siapakah Hantu Wanita Berbaju Coklat Itu?

Usut punya usut ternyata hantu yang pernah terekam kamera tahun 1936 oleh seorang fotografer bernama Hubert C Provand tersebut, adalah Lady Dorothy Walpole yang lahir tahun 1686 dan dinyatakan meninggal tahun 1726. Menurut sejarah, dia adalah adik kandung dari Perdana Menteri pertama Inggris Robert Walpole.

Hantu Dorothy pertama terungkap di publik melalui cerita Lucia C.Stone tahun 1835, saat itu dia mengatakan bahwa Kolonel Loftus dan Hawkins yang merupakan tamu dalam perayaan natal di Raynham Hall melihat brown lady Raynham Hall menghampiri kamar mereka, setelah itulah Inggris mulai digemparkan dengan sosok Dorothy.

Menurut beberapa cerita, kehidupan Dorothy sangat mengenaskan. Berawal dari rasa cintanya kepada rekan sang ayah Robert Walpole yang bernama Lord Charles Townshend. Namun sang ayah melarangnya menikahi Charles dengan alasan tidak ingin mencemarkan nama baiknya sendiri, karena ternyata Charles ada di bawah perwaliannya.

Patah hati membuat Charles dan Dorothy menjalani hidup terpisah, dimana Charles lebih dulu menikah dengan Elizabeth Pelham dan dikarunia lima orang anak. Dorothy yang tak kunjung menikah karena dianggap sangat mencintai Charles akhirnya berkesempatan menjadi pendamping hidup sang pujaan hati usai Elizabeth Pelham meninggal tahun 1711.

Dalam perjalanan cinta mereka yang kembali tersambung, ternyata Charles mendapatkan kenyataan bahwa Dorothy sudah bermain hati ketika mereka terpisah dulu. Adalah pendiri klub api neraka yang terkenal kejam masa itu bernama Lord Wharton, yang disebut sebagai selingkuhan Dorothy.

Alhasil Charles menghukum sang istri dengan mengurungnya di salah satu kamar di dalam Raynham Hall. Dorothy juga tak boleh lagi melihat tujuh anaknya, dan dibiarkan mati dalam kondisi mengenaskan tanpa seorangpun yang tahu. Kabar kematiannya baru diumumkan tahu 1726 dalam sebuah upacara.

Cerita Lain Yang Membingungkan

Cerita Lain Raynham Hall

Ternyata banyak versi dari cerita hantu Dorothy yang beredar hingga saat ini. Ada yang mengatakan dia meninggal akibat mengalami patah tulang leher setelah didorong jatuh di salah satu tangga di dalam Raynham Hall London. Namun cerita ini tak memiliki bukti yang kuat seperti cerita sebelumnya.

Namun ada juga yang mengatakan hantu bergaun coklat itu meninggal, akibat penyakit cacar yang dahulu menjadi salah satu penyakit mematikan. Tapi ada versi lain yang menyebutkan Dorothy belum meninggal saat upacara pemakamannya tahun 1726, Charles menyembunyikannya di suatu tempat dan baru meninggal beberapa tahun setelah itu.

Dan salah satu versi yang bertolak belakang adalah Dorothy meninggal secara wajar, dan menjalani hidupnya dengan bahagia bersama suami dan tujuh anaknya. Sebagai sosok wanita sopan dan pintar dia memiliki catatan medis yang menggembirakan dan sempat diungkap sejumlah orang yang hidup sezaman dengan Dorothy.

Yang tak kalah kejam adalah versi yang melibatkan keluarga Wharton, yang dikatakan menjebak Dorothy di Raynham Hall Norfolk untuk melakukan perselingkuhan dengan tujuan merusak nama baik keluarga Walpole. Hal ini yang kemudian menjadi asal muasal Dorothy disiksa oleh Charles atau bahkan oleh Wharton sendiri.

Banyak aktor yang terlibat dalam misteri hantu bergaun coklat Dorothy, mulai dari sang ayah, cinta pertamanya, hingga selingkuhannya yang kejam. Namun sampai saat ini tidak ada kebenaran yang terungkap dari eksistensi hantu tersebut. Yang pasti jika Anda kesana, bisa saja masih akan bertemu dengan Dorothy.

Itulah cerita misteri Raynham Hall yang sangat melegenda hingga sekarang, hantu Dorothy dengan sejuta rahasia dibalik kematiannya. Yang pasti asumsi tentang kematiannya masih terus berkembang sampai saat ini, apakah ada salah satu versi cerita tersebut yang Anda percaya?

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar